RESEP MASAKAN ARAB ROTI MARYAM

Selamat datang dan trimakasih sudah berkunjung kali ini saya bagikan RESEP MASAKAN ARAB ROTI MARYAM yang sudah sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Jakarta.
RESEP MASAKAN ARAB ROTI MARYAM
RESEP MASAKAN ARAB ROTI MARYAM

BAHAN-BAHANNYA

– 500 gram tepung terigu protein tinggi

– 150 ml air hangat, bisa lebih atau kurang sesuai kondisi adonan

– 2 butir telur + 2 kuning telur

– 1,5 sendok teh garam atau secukupnya

– Margarin secukupnya, lelehkan

– Minyak sayur secukupnya

CARA MEMBUAT ROTI MARIYAM:
  • Letakkan tepung di baskom, buatlah lubang di tengahnya.
  • Masukan telur dan garam dalam wadah dikocok lepas, tuang ke tengah lubang, uleni sambil diremas hingga berbutir.
  • Masukkan air hangat dikit-dikit saja sambil terus diuleni hingga kalis. KemudianTutup dengan selembar plastik dan diamkan selama 3 jam. Bagi adonan menjadi 16-20 bagian. Siapkan meja atau loyang lebar, olesi minyak tipis-tipis.
  • Ambil satu bagian adonan, tipiskan di meja (loyang) sambil diratakan ke segala arah hingga tipis transparan seperti bikin kulit martabak telur. Oles permukaannya dengan mentega leleh, pilin dari satu sisi dan gulung menjadi satu utas gulungan panjang. Lakukan ini sampai habis dan semua menjadi gulungan panjang.
  • Ambil satu utas, pegang masing-masing ujungnya. Ujung kanan digulung ke atas, ujung kiri digulung ke bawah sehingga kedua gulungan bertemu di tengah. Belit sehingga kedua gulungan bertumpuk jadi satu, atas dan bawah. Lakukan pada semua bagian yang lain sehingga semua menjadi tumpukan gulungan.
  • Ambil satu tumpukan gulungan, pipihkan menjadi lingkaran setebal 0,2 cm. Kerjakan sampai habis. Siapin teflon, oles dengan minyak sayur, panggang tiap lembar pratha dengan api medium sambil dibolak-balik hingga matang dan kecoklatan.
  • Tumpuk 3 lembar roti maryam yang baru digoreng, berdirikan posisi vertikal, geprak dengan punggung sutil. Sajikan segera.
  • Jika anda suka bisa ditambah keju parut di tahap menipiskan adonan. Pakai parmesan atau cheddar lebih gurih.

2 comments