Resep Kambing Guling Muda Ala Resto

Resep kambing guling muda dan empuk sangat jarang kita jumpai karena masakan ini biasanya hanya disajikan pada acara-acara besar seperti resepsi pernikahan dan acara lainnya yang mengundang banyak orang untuk hadir di acara tersebut. Tidak seperti olahan daging kambing lainnya yang dipotong kecil-kecil seperti sate kambing atau sop kambing yang mengolahnya pun tidak terlalu sulit cukup dengan panci atau wajan serta paduan bumbu.

Resep Kambing Guling Muda Ala Resto


Membuat kambing guling setidaknya diperlukan peralatan khusus tentunya yang akan digunakan untuk memutar daging kambing serta alat panggan yang ukurannya lebih besar dari pemanggang sate. Meskipun demikian untuk bumbu-bumbunya hampir sama cara membuatnya dengan membuat bumbu olahan lainnya, yang berbeda mungkin takarannya karena digunakan untuk bumbu 1 ekor kambing sekaligus. 

Namun dengan bantuan resep yang IniResepNya telah sajikan untuk anda maka tidak perlu khawatir dijamin dapat membuat sendiri kambing guling muda ini di rumah, minimal untuk mengisi waktu bersama saat ada acara dengan keluarga besar seperti arisan keluarga dan lain-lain. Berikut disajikan bahan serta cara membuatnya.


Bahan Resep Kambing Guling Muda


  • 1 ekor kambing muda ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah dibersihkan isi perutnya, dibuang bagian kepala dan bagian kakinya. Agar tidak mubazir bagian kepala, kaki, serta isi perutnya masih dapat digunakan sebagai bahan olahan makanan seperti sop kaki, tongseng kambing dan lain-lain.


Bahan Bumbu Kambing Guling Muda

  • 150 gr gula merah
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 botol kecap manis
  • 1/4 kg bawang putih dihaluskan
  • 1/4 kg ketumbar disangrai dan dihaluskan.
  • 1 sendok teh biji pala halus
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • 2 sendok makan garam


Bahan Membuat Sambal untuk cocolan kambing guling

  • 200 gr bawang merah dipotong-potong
  • 30 lembar daun jeruk
  • 10 buah jeruk limau
  • 1/2 botol kecap manis
  • 1/2 kg tomat dipotong kotak-kotak kecil
  • 1/4 kg cabe rawit hijo dirajang


Setelah kambing dan bahan-bahan bumbu lainnya sudah didapatkan saatnya kita membuat kambing guling spesial namun sangat sederhana dalam membuatnya.
Pertama siapkan 1 ekor kambing muda yang sudah dibersihkan dari isi perutnya dan telah dibuang kaki dan kepalanya, sisihkan terlebih dahulu.

Tuang dalam satu wadah bahan-bahan olesan yang terdiri dari 150 gr gula merah yang dihaluskan atau diiris tipis,  100 ml minyak goreng, 1 botol kecap manis, 1/4 kg bawang putih yang sudah dihaluskan, 1/4 kg ketumbar yang disangrai dan dihaluskan, 1 sendok teh biji pala yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan lada bubuk dan 2 sendok makan garam. Semua bahan tersebut diaduk hingga merata.

Setelah bumbu diaduk rata lumuri daging kambing dengan bumbu tersebut secara merata pada bagian luarnya juga pada bagian perut yang telah dikosongkan isinya. Usahakan agar seluruh bagian tubuh kambing terlumuri dengan sempurna. Lalu biarkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu-bumbu tadi meresap pada daging kambing.

Siapkan alat panggang, khusus untuk alat kambing guling ini dapat diperoleh di toko penjual alat panggang atau alat barbeque grill. Lalu panggang kambing guling tersebut di atas bara api sambil diputar-putar hingga merata. Jarak antara daging dengan bara sekitar 40cm sambil tetap diputar dan sesekali olesi kembali daging kambing dengan bahan bumbu yang masih tersisa dengan menggunakan kwas makanan. Panggang terus hingga daging matang merata.

Untuk menghidangkannya potong bagian kambing yang diinginkan dan sajikan dipiring dengan diberi sambal kecap.


Cara membuat sambal kecap untuk cocolan kambing guling.


Campurkan semua bahan yang terdiri dari potongan 200 gr bawang merah, 30 lembar daun jeruk,10 buah jeruk limau dibelah dua dan diperas, 1/2 botol kecap manis, potongan 1/2 kg tomat dan rajangan 1/4 kg cabe rawit hijau. Aduk hingga merata dan sisihkan.
Catatan :

Bila menginginkan daging kambing panggang yang lebih matang setelah dipotong dapat dipanggang kembali pada alat pemanggang/grill dan ditambahkan kembali bumbu bila masih tersisa.
Hidangkan dengan sambal kecap yang sudah dibuat mengunakan piring/mangkuk kecil untuk cocolan.

Tips : Dalam membeli kambing pilihlah kambing yang sehat dan terlihat lincah saat membelinya.

0 comments